Social Icons

Pages

Rabu, 13 Maret 2013

Candi Plaosan


Candi Plaosan terletak di Dukuh Plaosan,Desa BUgisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Candi ini terlrtak kira-kira satu kilometer ke arah timur laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. komplek ini di bangun pada abad ke 9 pada jaman kerajaan Medang atau di kenal dengan Kerajaan Mataram kuno. Candi Plaosan terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Kidul. 

Kelompok Candi Plaosan Lor terdiri dari 2 buah candi induk yang di kelilingi oleh 116 buah Stupa Perwara dan 50 buah candi Perwara. Candi induk Plaosan Lor di pugar pada tahun 1962 oleh Dinsa Purbakala. Di dalam kamar candi induk terdapat beberapa buah arca Dhyani Budisatwa antara lain
1. Awalokiteswara
2. Wajrapani
3. Padmapani
Berdasarkan Prasasti pendek yang di pahatkan pada perwara mungkin candi Plaosan di bangun atas kerjasama antara raja Pikatan dan Cri Kahulunan. perpaduan antara Budha dan Hindu bertitik tolak dari hal tersebut di atas maka di perkirakan candi Plaosan di bangun pada abad ke IX AD ( After Date ).
Berbeda dari Candi Plaosan Lor, Candi Plaosan Kidul belum diketahui memiliki candi induk. Pada kompleks ini terdapat beberapa perwara berbentuk candi dan stupa. Sebagian di antara candi perwara telah dipugar.



Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text