Social Icons

Pages

Jumat, 22 Maret 2013

Desa Wisata



Desa wisata Soran


Desa wisata Soran ( Desa Eko-Wisata Soran) adalah desa wisata yang menawarkan kekayaan berupa keindahan alam dan tradisi lokal sebagai nilai keistimewaan yang dimiliki desa ini. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas paket wisata, yaitu belajar dan mempraktikkan cara bertanam, berkesenian dan melakukan berbagai kebiasaan yang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat. Kearifan lokal yang masih terjaga dan berpadu dengan nuansa desa yang masih alami menjadi daya tarik yang ditawarkan di desa ini. Tidak berlebihan jika Anda disarakan untuk singga di Desa Eko-Wisata Soran ( Dewi Soran). Letak Dewi Soran cukup strategis dan mudah dijangkau melalui dua kota besar, yaitu kota Solo dengan jarak 34 km, ataupun dari kota Yogyakarta dengan jarak 28 km.


Seni Budaya dan Tradisi
Dewi Soran menawarkan seni budaya dan tradisi yang cukup beragam. Adapun seni budaya dan tradisi yang ada di Dewi Soran yaitu:
a. Seni Gejog Lesung, salah satu seni tradisional sebagai ungkapan rasa syukur atas panen padi yang melimpah.
b. Nyadran, merupakan tradisi tahunan yang masih terpelihara hingga saat ini. Nyadran merupakan atraksi tradisional dimana para masyarakat setempat menyajikan tumpeng dan beragam hasil bumi yang ditata sedemikian rupa hingga terlihat unik dan menarik. Pada malam hari biasanya masyarakat setempat mengadakan pertunjukan wayang kulit.
c. Pertunjukan tari dan belajar menari. Anda dapat menikmati atraksi tari yang dipersembahkan oleh masyarakat setempat atau Anda juga dapat belajar menari bersama masyarakat setempat.
d. Jathilan, merupakan tarian tradisional yang menggambarkan olah keprajuritan kerajaan. Atraksi ini biasa dipentaskan sebagai acara penyambutan tamu.
e. Karawitan anak, adalah atraksi kepiawaian anak-anak Dewi Soran dalam memainkan gamelan. Anda dapat menikmati pertunjukan mereka antaupun belajar bersama mengenal gamelan.

Seni Pedalangan
Soran adalah pedukuhan yang terletak di desa Duwet, tempat kelahiran dalang kondang Ki Wiro Warsono. Beliau adalah salah satu tokoh seniman Jawa Tengah yang berpengaruh dalam dunia pekeliran khas Surakartanan. Beliau merupakan guru dari dalang terkenal Ki Narto Sabdo.
Kiprahnya di dunia pakeliran kemudian dilanjutkan oleh putra – putrinya. Salah satunya adalah Ki Kesdik Kasdolamono. Beliau adalah tokoh pedalangan yang ikut mewarnai pakeliran Surakartanan, dan tokoh  yang punya peran epnting berdirinya beberapa lembaga pedalangan di wilayah Surakarta, dan dosen tamu luar biasa di STSI Surakarta.
Kiprah Ki Kesdik Kasdolamono kemudian dilanjutkan oleh ke- tiga putranya yaitu Ki Kusni, Ki Kasim Purwo Warsito dan Ki Gangsar. Dalang terkenal yang belajar dari pedalangan Soran antara lain Ki Anom Suroto, Ki Joko, Ki Manteb Sudarso, Ki Purbo Asmoro, dan lain-lain.
 
kesenian Gedog Lesung
 
bermain bola di sawah bersama masyarakat Dewi Soran
 
 
 

Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text