Social Icons

Pages

Senin, 25 Maret 2013

Desa - desa wisata di Kabupaten Klaten

No
Nama Desa Wisata
Kecamatan
Potensi dan daya tarik yang dimiliki
Keterangan
1.
Desa Janti
Polanharjo
Sebuah desa yang memiliki debit air cukup tinggi sehingga penduduk dapat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kolam tempat pemancingan, dimana hasil pancing langsung dapat dinikmati dengan memanfaatkan jasa penduduk setempat. Kolam renang, wisata pertanian dan dekat dengan Obyek wisata Sumber Air Ingas.
Diresmikan oleh Bupati Klaten pada periode Bapak Suharjono. Sudah terbentuk Pokdarwis
2
Desa Paseban
Bayat
Sebuah dataran tinggi dimana merupakan tempat makam salah seorang  tokoh penyebar agama Islam, yaitu Sunan Tembayat. Disamping itu banyak terdapat tempat – tempat kerajinan ( kerajinan topeng ayu, keramik, dan batik tulis tangan). Wisata tracking Jabalakat, dan seni campursari.
Dicanangkan sebagai Desa Wisata oleh Gubernur. Sudah terbentuk Pokdarwis.
3.
Desa Krakitan
Bayat
Obyek wisata Jombor Permai sebagai salah satu tujuan wisata di daerah tersebut, juga terdapat warung apung yang memanfaatkan keindahan Rowo Jombor,Wisata Agro, pengrajin hiasan dinding dari batu.
Dicanangkan sebagai Desa Wisata oleh Gubernur. Sudah terbentuk Pokdarwis.
4.
Desa Jimbung
Kalikotes
Sebuah sendang yang diyakini dapat memberikan tambahan rezeki yaitu bulus Jimbung. Desa ini memiliki sebuah pegunungan kapur yang cukup menarik unutk kegiatan Panjat tebing, selain itu di atas bukit kapur terdapat sebuah bangunan kecil peninggalan zaman Belanda yang saat ini masyaralat menyebutnya sebagai Rumah Demit. Potensi ternak yang terdapat di desa ini antara lain ternak Jalak Uren. Desa ini juga menyediakan Home Stay serta beraneka ragam souvenir hasil karya warga setempat.
Dicanangkan sebagai Desa Wisata oleh Gubernur.
5.
Desa Melikan
Bayat
Tempat pembuatan keramik dan gerabah yang unik dan mendapat apresiasi dari seorang warga negara Jepang, selain itu terdapat museum keramik yang dibangun oleh Kawasaki, warga negara Jepang. Ada guide house, wisata hutan, campur sari dan larasmadyo
Dicanangkan sebagai Desa Wisata oleh Gubernur. Sudah terbentuk Pokdarwis.
6.
Desa Soran Duwet
Ngawen
Kesenian rakyat yang setiap saat dapat dinikmati, gejog lesung, tari-tarian, wisata pertanian dan beraneka ragam kerajinan penduduk seperti kerajinan Wayang Kayu, Wayang Kulit, Home Stay yang dapat menampung puluhan wisatawan menginap.
Sudah terbentuk pokdarwis.
7.
Ponggok
Polanharjo
Kolam renang yang memanfaatkan sumber mata air, dekat Obyek wisata Sumber Air Ingas, wisata pertanian dan perikanan.
Sudah terbentuk pokdarwis.
8.
Nganjat
Polanharjo
Wisata air, budidaya ikan air tawar
Sudah terbentuk pokdarwis.
9.
Jarum
Bayat
Kampung batik

10.
Desa Tlingsing Sari
Bayat
Kampung lukis
Sudah terbentuk pokdarwis.
11.
Desa Kebondalem Kidul
Prambanan
Desa Kebondalem Kidul mempunyai potensi budaya dan potensi ekonomi yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan. Potensi budaya tersebut antara lain situs peninggalan sejarah yang berupa Candi Sojiwan, seni pertunjukan, batik, adat istiadat dan tradisi masyarakat, sedangkan untuk potensi ekonominya adalah kerajinan dari kayu, batu, fiber glass, makanan olahan, pertanian dan peternakan.

Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text