Social Icons

Pages

Minggu, 21 April 2013

KERAJINAN KHAS KLATEN

KERAJINAN BLUNGKRAH BAMBU

Akar batang bambu yang dulu hanya dipandang sebelah mata sekarang menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, ditangan para seniman pengrajin akar batang bambu yang sering disebut Blungkrah tersebut dapat dibuat berbagai macam bentuk kerajian yang berbentuk bintang seperti bebek, kuda, angsa, pelikan serta topeng ataupun kenthongan.
Dengan pengerjaan yang sangat teliti dan hati-hati dihasilkan barang kerajinan yang sangat menarik. Halini dapat dijumpai disepanjang jalan Solo - Jogja didaerah Penggung Klaten Jawa Tengah.


BATIK KAYU

Berbagai macam kerajinan yang berbahan kayu seperti almari, kursi, patung, topeng, miniatur mobil - sepeda motor dlsb dengan motif batik saat ini dapat dilihat dan dikoleksi oleh pecinta seni. Kini untuk menyajikan agar barang tersebut dapat menarik perhatian dipoles dengan model batik, sehingga kerajinan ini sangat menarik dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Kerajian Batik Kayu dapat di temui di Ma"ruf Batik yang beralamat di desa Gumuk, Jarum, Bayat, Klaten Jawa Tengah.

BATIK TULIS BAYAT

Batik tulis tangan yang dibuat secara manual sangat menarik dan unik, para wisatawan dapat melihat proses pembuatan batik dan disediakan showroom sehingga bila ingin membeli kerajinan yang dibuat oleh ibu-ibu dengnan sangat halus dan indah karena dengan ketelitian dan kesabaran yang tinggi maka dapat dijumpai berbagai corak dan desain yang sangat beragam. Batik tulis Bayat dihasilkan oleh pnduduk Desa Jarum, Bayat, Klaten Jawa Tengah.


TENUN LURIK KLATEN

Kain tenun lurik yang dibuat secara tradisional dengan menggunakan bahan yang berkwalitas tinggi saat ini sangat digemari oleh masyarakat, setelah melalui beberapa proses percobaan baik dalam penyulaman benang maupun tehnik pewarnaan, kain lurik tradisional mampu bersaing dengan kain motif lurik dari daerah lain, sehingga saat ini para produsen kain lurik lebih mengutamakan kwalitas. Kain Lurik yang dahulu dikenal dengan sebutan Lurik Pedan sekarang diproduksi dibeberapa wilayah dikabupaten Klaten seperti di Jambakan Bayat, Cawas, Trucuk disamping Pedan sendiri.


PAYUNG JUWIRING

Kerajinan payung yang berbahan kayu dan kertas saat ini tidak lagi dipergunakan untuk bepergian diwaktu hujan akan tetapi saat ini kerajinan payung sudah dimodifikasi dengan berbagai model dan bentuk serta warna yang menarik sehingga dapat menarik perhatian wisatawan untuk membeli. Disamping payung khas untuk perlengkapan dan dekorasi hajat pernikahan juga dapat dibentuk payung susun untuk dekorasi sudut rumah maupun toko disamping itu model kap lampu dengan motif yang mempesona. Kerajinan payung di desa Tanjung, Juwiring, Klaten Jawa Tengah.


KERAJINAN KERAMIK MELIKAN

Kerajinan keramik yang dihasilkan oleh masyarakat desa Melikan kecamatan Wedi ternyata dapat menjadikan sumber penghasilan. Kwalitas keramik yang sangat bagus karena menggunakan tanah liat pilihan sehingga dapat menembus pasaran internasional. Keramik yang dibuat dengn cara tradisional ini mendapat apresiasi dari pemerintah Jepang sehingga dibuat sebuah laboratorium keramik didesa tersebut. Keunikan lain dari keramik Melikan adalah pembuatanya dengan sistim putaran miring dengan maksud mengedepankan adat ketimuran sehingga tidak hanya kaum pria yang mengerjakan namun juga kaum wanita. Kerajian keramik didesa Melikan, Wedi, Klaten Jawa Tengah.


                                                                 di informasikan oleh satya w suryaagust

Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text