Social Icons

Pages

Senin, 01 April 2013

Objek dan Daya Tarik Wisata budaya (Seni Perunjukan Tradisional)



No.
Nama Kesenian Tradidonal
Tempat
Keterangan
1.
Wayang Sadat
Ds. Miring, Kec. Trucuk
Bentuk kesenian rakayat yang berupa awayang kulit, namun ceritanya bertemakan verita sejarah Islam, sebelah kanan gunungan didampingi pohon beringin dan gunungan sebelah kiri didampingi pohon kelapan, warna kelir kuning dan bingkai hijau ukuran + 3,5 m dan lebar + 2 m.
2.
Wayang Klithik
Kec. Gantiwarno
Kesenian wayang yang dibuat dadri kayu, ceritanya bertemakan cerita panji atau cerita Majapahit, Dalang kalau memerankan adegan perang dengan parikan sulukannya dengan tembang mocopat
3.
Wayang Kulit
Kec. Karangdowo
Seni pertunjukan yang menceitakan tentang Mahabarata/ Ramayana dengan menggunakan dialog Bahas Jawa.
4.
Wawang Babad
Desa Ceporan, Gantiwarno
Bentuk kesenian rakyat berupa wayang kulit yang ceritanya diambil dari cerita babad/ ketoprak, dipentaskan siang maupun malam haridengan diiringi gamelan lengkap Slendro dan Pelog.
5.
Jathilan
Desa Bugisan, Kec. Prambanan
Tari tradisional yang menggambarkan tentang keprajuritan pada waktu perangh perangan yang dilakukan beberapa orang dengan cara naik kuda kepang, dipentaskan tiap hari Jumat di panggung terbuka.
6.
Gejog Lesung
Dk. Soran, Ds. Duwet, Kec. Ngawen
Kesenian ini mengandung unsure penyampaian informasi kepada masyarakat sekitar bahwa pada saat tersebut ada orang punya hajad atau supitan, dll dan kalau ada gerhana bulan.
7.
Srandul
Prambanan & Kemalang
Kesenian tradisional rakyat yang menggambarkan kehidupan Demang pada jaman kerajaan, dilakukan + 15 orang dengan dialog yang berupa parikan/ tembang & percakapan.
8.
Kethoprak
-
Kesenian rakyat yeng berbentuk sandiwara/ drama, dilakukan oleh beberapa orang menurut keperluan ceritanya dengan dialog bahasa jawa.
9.
Karawitan
Kec. Karangdowo
Seni pertunjukan yang dilakukan oleh sekelompok seniman/ penabuh alat musik tradisional yang disebut gamelan yang terbuat dari tembaga, perunggu , maupun besi.
10.
Srunthul

Sejenis kesenian ketoprak yang tema ceritanya terdiri 3 babak dan setiap babak bias terjadi beberapa adegan, pengiring gamelannya berupa Demung, saron, gong, kempul, kenong, angklung, terbang, jedor
11.
Sendratari Roro Jonggrang

Tari Roro Jonggrang mengisahkan jalinan asmara Bandung Bondowoso dengan Dewi Roro Jonggrang yang berakhir secara tragis.
12.
Tari Topeng

Di Kab. Klaten pertama kali dilaksanakan oleh para Dalang Wayang Kulit dan perkumpulan tari Topeng yang terkenal bernama MAGODO di Desa Jogosetran kec. Kota Klaten, tarian ini khusus dipentaskan pada siang hari, tidak dilaksanakan pada malam hari.
13.
Musik Bambu Pring Sedapur
Dk. Purwodadi, Bugisan, Prambanan.
Seni ini berwala dari guyubnya kekeluargaan dari kebiasaan ronda malam yang menggunakan peralatan dari bamboo (tek- tek untuk berkeliling kampong menjaga keamanan desa).

Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text